Thursday, September 21, 2006

Happy 5th Anniversary OEHU

Alhamdulillah ... hari ini OEHU (baca: Ocean Engineering of Hasanuddin University) telah genap berusia 5 tahun. Umur yang muda .... namun dengan semangat yang muda pula.
Hal ini terbukti tatkala dengan susah payah namun dengan semangat yang luar biasa, mahasiswa OEHU berhasil menyelenggarakan sebuah perhelatan akademik di Gedung Pertemuan Ilmiah Unhas. Perhelatan yang berbentuk Kuliah Tamu tersebut menghadirkan lima pemateri yakni Ir. Syahrir Husain, MSCE (Kaprodi OEHU), Ir. Juswan, MT. (Selayang Pandang Offshore Engineering Bag. 1), Taufiqur Rachman, ST.,MT. (Selayang Pandang Offshore Engineering Bag. 2), Sabaruddin Rahman, ST.,MT. (Selayang Pandang Coastal and Port Engineering) serta Prof. Dadang A. Suriamihardja (Pembantu Rektor I Unhas), selaku Pemateri Utama.
Beliau membawakan materi bertemakan Pembelajaran Berkelanjutan, yang membahas kecenderungan proses belajar mengajar yang harus berubah dari Lecturer-based Actor menjadi Student-based Actor. Dikatakannya bahwa bukanlah lagi zamannya seorang dosen yang merasa puas pada saat akhir semester, namun harusnya mahasiswa yang merasa puas setelah penerimaan nilai. Dengan demikian bukanlah hasil (baca: Nilai) menjadi akhir sebuah perjalanan semester, namun proses yang menentukannya.
Dikemukakannya juga bahwa seharusnya OEHU sudah semestinya berusaha mengembangkan Project-based Learning dibanding dengan Classical-based Learning. Oleh karena sebagai ujung tombak edukasi di lingkup fakultas teknik, OEHU seharusnya mengembangkan konsep belajar dari project-project yang ada, sehingga kognitif akan terbangun dari satu atau beberapa kejadian yang ada secara faktual, tidak dengan menghayal saja.

Pada hari ini juga, diluncurkan sebuah logo yang menjadi simbol dari Ocean Engineering of Hasanuddin University (baca: Teknik Kelautan Universitas Hasanuddin) yang akan menjadi simbol OEHU untuk seterusnya, yakni:


Simbol OE menandakan Ocean Engineering sebagai sebuah wahana yang akan membawa segenap civitas akademikanya menuju hal yang lebih baik, walaupun dengan gelombang badai menerjang menghadang laju. Lambang Unhas di dalamnya menandakan bahwa dalam menjalankan segala aktivitasnya, OEHU akan tetap berdasar pada Visi, Misi dan Tujuan serta PIP dari Universitas Hasanuddin.

Semoga dengan bertambahnya usia OEHU, semakin baik pula tindakannya, tutur katanya dan dapat membantu mewujudkan CITRA Unhas 2010. Semoga dan semoga.

Salam OEHU

La Tore Bondeng

2 Comments:

At Saturday, October 14, 2006 5:07:00 PM, Anonymous Anonymous said...

Hmmmmm...
Simbol yang unik...
Gimana kawang-kawang?

 
At Sunday, October 15, 2006 10:26:00 PM, Anonymous Anonymous said...

Wah...
Sudah ada logo resminya toh?
COOL... now that's surely something that we can be proud about!
Btw, sdh lama FS-nya teknik kelautan aku bikin. Here's the mail address:
ocean_engineering_hasanuddin_university@yahoo.com

 

Post a Comment

<< Home